Pengelolaan bisnis transportasi tidak lepas dari pengemudi atau sopir. Semakin banyak kendaraan yang kita kelola, maka semakin banyak juga Sopir yang dipekerjakan. Manajemen Pengemudi / Sopir (Driver Management) sudah saaatnya diterapkan pada perusahaan yang mengelola banyak sopir dan mulai menerapkan manajemen strategi yang bisa membantu dalam kontrol serta bisa sebagai bahan improvisasi strategi bisnis logistik transportasi.
Dalam aktivitas manajemen sopir yang merupakan salah satu bagian dari Manajemen Transportasi atau Transportation Management System, perusahaan transportasi perlu mulai melakukan digitalisasi dalam :
- Proses perekrutan sopir dan pendataan kelengkapan syarat-syarat administrasi.
- Pendataan jam kerja / shift serta kendaraan yang dikemudikan.
- Riwayat tugas kerja (job order history)
- Riwayat perawatan kendaaan yang dikemudikan oleh sopir dalam rangka melihat performa kendaraan.
- Riwayat Ritase dan poin ritase yang didapatkan.
- Riwayat Klaim pekerjaan dari order yang dikemudikan.
- Laporan Kinerja atau KPI (Key Performa Indicator)
Untuk memudahkan pihak manajemen dalam mengelola hal tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang terintegrasi dan mudah digunakan oleh operator ataupun sopir itu sendiri dalam melakukan proses pendataan. Manajemen Pengemudi / Sopir bisa dilihat dibawah ini yang mana bisa kita lihat mulai dari profil, riwayat job order, absensi, kendaraan yang dikemudikan, dan jam kerja yang ditentukan.
Hasil yang diharapkan dari manajemen pengemudi / sopir ini adalah :
- Laporan Kinerja sopir yang nanti bisa digunakan dalam kontrol dan evaluasi stategi peningkatan efektifitas operasional.
- Laporan performa sopir sehingga bisa dilihat sopir yang kinerja nya bagus atau tidak.
- Laporan performa dalam menjalankan atau membawa kendaraan, apakah sesuai standar atau tidak. Bisa dilihat nanti dari laporan perawatan dan perbaikan kendaraan.
- Pemetaan sopir di tiap wilayah dan jenis kendaraan.
- Kontrol untuk pemberian gaji atau bonus sopir.
- Riwayat absen atau sanksi yang dikenakan kepada sopir.
- Pengingat kapan SIM atau ijin lainnya.
- Riwayat klaim yang dikenakan oleh pelanggan terhadap dari riwayat sopir ini.
- Performa semua sopir dari berbagai parameter yang sudah ditentukan.
Jika Anda sudah mulai ingin menata manajemen pengemudi / sopir ini dengan lebih baik, Anda bisa menghubungi Pilarmedia Indonesia.